Selasa, 16 Agustus 2016

Frequently Asked Questions


 
Berikut ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan berdasarkan pengalaman Imel Young sebagai Hipnoterapis:

1.   Apakah Hipnoterapi sama seperti Hipnotis yang biasa ada di acara TV dimana klien tidak sadar, pingsan atau tidur?

Sangat berbeda. Sesuai dengan namanya Hipnoterapi adalah terapi untuk penyembuhan dengan menggunakan kekuatan pikiran yakni pikiran bawah sadar.
 

2.   Apakah sama seperti acara Hipnotis yang ada di TV misal U*a Ku*a dimana klien bisa di stop di tengah jalan untuk mengeluarkan uneg-uneg nya lalu kemudian semua rahasia nya terbongkar?

Sekali lagi, Hipnoterapi yang saya lakukan sangat berbeda dengan acara TV U*a Ku*a dimana kliennya pingsan atau tidak sadar serta lupa perkataannya sendiri saat semua rahasianya dibongkar. Di dalam terapi yang saya lakukan setiap klien dalam keadaan rilex namun tetap sadar dan sangat fokus, sehingga sepanjang terapi klien tetap sadar dan ingat.

Bahkan dulu di awal-awal karier saya sebagai terapi, saya sering mendapati klien yang minta ijin ke toilet di tengah-tengah terapi karena kebelet ataupun minta stop di tengah-tengah proses terapi karena kelaparan dan sudah jam nya klien tersebut untuk makan. Ini membuktikan bahwa sepanjang terapi klien itu sadar dan tetap memegang kendali atas dirinya sendiri.
 
Saya juga mendapatkan informasi dari beberapa teman saya langsung yang menjadi salah satu peserta acara Hipnotis di TV, dimana mereka mengaku telah diseleksi jauh hari sebelum syuting dan menerima bayaran serta harus teken kontrak. Dulu bayarannya 300rb, terakhir setahu saya sudah 500rb dan dapat nasi kotak pula, tapi nunggu syutingnya seharian penuh.

 
3.   Tapi khan namanya pikiran bawah sadar, bukankah itu artinya tidak sadar, pingsan, atau tidur?

Sama sekali tidak. Orang awam cenderung menyamakan istilah bawah sadar dengan tidak sadar, pingsan, ataupun tidur. Padahal sebenarnya yang dimaksud dengan pikiran bawah sadar di dalam hipnoterapi itu adalah kondisi dimana seseorang itu merasa sangat rilex, namun masih sadar & oleh karenanya masih bisa berkomunikasi atau masih bisa bicara. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu yang dimaksud dengan Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar, bisa klik disini.

 
4.   Apakah nanti semua rahasia saya akan terbongkar?

Sama sekali tidak. Karena di dalam terapi hanya fokus kepada 1 problem yang ingin disembuhkan. Sedangkan untuk hal-hal lain yang tak ada sangkut pautnya dengan problem yang ingin disembuhkan, ibarat kata sama sekali tak “disentuh”. Dan lagi, sepanjang terapi klien tetap bisa mengendalikan diri dan perkataannya. Beberapa klien bahkan bisa minta minum, ijin ke toilet, minta stop karena kelaparan ataupun karena sudah jam nya makan.
 
 
     5.  Apakah Hipnoterapis bisa membaca pikiran seseorang?

Saya akan menggunakan logika untuk menjawab pertanyaan ini. Secara Logika, jika saya sebagai hipnoterapis bisa membaca pikiran orang, saya tidak akan menjadi terapis, saya jadi King of Gambler (Raja Judi) saja, he he..... Saya akan berada di kasino, main kartu (judi). Karena sangatlah mudah bagi orang yang bisa membaca pikiran untuk mendapatkan keuntungan besar di meja judi. Tapi karena saya TIDAK BISA membaca pikiran, saya hanya bisa menyembuhkan orang, makanya saya jadi terapis.

 
6.   Apakah Hipnoterapi mengandung Roh jahat atau kuasa kegelapan?

Sama sekali tidak. Hipnoterapi adalah science dimana sebenarnya gelombang pikiran bawah sadar itu bisa dibuktikan secara ilmiah. Jika anda menggunakan alat EEG yang dibeli di London dan ditempelkan di kepala, maka hasilnya bisa dilihat di layar monitor computer. Jadi hipnoterapi 100% bebas dari segala unsur Roh Jahat, kegelapan ataupun sejenisnya.

 
7.   Apakah Hipnoterapi sama dengan praktek dukun atau gendam?

Sekali lagi Hipnoterapi adalah science (imu pengetahuan) yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Hipnoterapi 100% bebas dari segala unsur Roh Jahat, kegelapan ataupun sejenisnya.

 
8. Apakah Hipnoterapi mengandung unsur agama, politik, ataupun ras tertentu?

Hipnoterapi 100% bebas dari segala unsur agama, politik, ataupun ras tertentu.

 
9. Apakah Hipnoterapi aman?

Hipnoterapi 100% aman karena merupakan metode penyembuhan dengan menggunakan kekuatan pikiran klien yang bersangkutan. Singkat kata Hipnoterapi merupakan self healing itu sebabnya syarat no 1 adalah niat dari klien yang bersangkutan.

 
10.Apakah di dalam praktek Hipnoterapi saya harus membeli atau mengkonsumsi obat ataupun vitamin tertentu?

Hipnoterapi adalah self healing dengan menggunakan kekuatan pikiran, jadi otomatis tidak perlu membeli atau mengkonsumsi obat serta vitamin apapun.

 
11.Apakah hipnoterapi bisa mengakibatkan seseorang hilang ingatan?

Tidak. Karena sepanjang terapi dilakukan dengan kondisi rilex dan sadar maka umumnya klien ingat apa yang terjadi sepanjang proses terapi.


12.Apakah di dalam proses terapi klien kehilangan kendali atas dirinya sendiri?

Tidak. Sepanjang terapi klien tetap bisa mengendalikan diri dan perkataannya. Beberapa klien bahkan bisa minta minum, ijin ke toilet, minta stop di tengah terapi karena kelaparan ataupun karena sudah jam nya makan. 

 
13.Apakah Hipnoterapi sejenis cuci otak?

Tentu saja tidak. Hipnoterapi bukanlah cuci otak karna hipnoterapi merupakan terapi penyembuhan yang membutuhkan ijin dari klien yang bersangkutan. Hipnoterapi sama sekali tidak bisa dilakukan tanpa ijin dari klien yang bersangkutan.

 
14.Apakah hipnoterapi bisa mengubah kepribadian dasar seseorang?

Tentu saja tidak. Hipnoterapi hanya fokus menyelesaikan problem yang ingin diselesaikan, itupun butuh ijin dari klien yang bersangkutan.

 
15.Apakah saat saya memejamkan mata maka mata saya tidak bisa atau sulit dibuka kembali?

Anda tetap memegang kendali atas diri Anda. Artinya kapan pun Anda mau membuka mata dan bangun berdiri sebenarnya bisa setiap saat. Tapi jika Anda lakukan maka saya harus mengulangi lagi proses terapinya untuk membuat Anda kembali rilex dan membuat proses terapi menjadi bertambah lama.

 
16.Saya tertarik dengan hipnoterapi, saya ingin menyembuhkan pasangan, anak, keluarga, saudara, ataupun teman saya. Apakah bisa ?

Bisa selama yang bersangkutan memang mau dan mengijinkan. Tidak bisa jika yang bersangkutan tidak mau atau tidak mengijinkan.

 
17.Apakah jika dihipnoterapi nanti problem saya akan tersebar dan diketahui semua orang?

Tenang saja. Di tempat saya ada kode etik profesionalisme. Persis seperti Anda pergi ke dokter maka semua data Anda adalah Private & Confidential. Begitupun di tempat praktek saya. Kerahasiaan Anda sebagai klien 100% terjamin. Kalaupun ada sebagian kecil kisah terapi yang saya sharingkan untuk edukasi masyarakat di website, saya selalu merahasiakan data klien, terkecuali klien yang bersangkutan telah memberi ijin untuk memberitahukan identitasnya.

 
18.Bagaimana jika problem saya adalah pasangan saya dan pasangan saya bersikeras menemani saya di ruang terapi?

Maaf sekali, semua terapi dilakukan 1 on 1 secara private & confidential. Artinya meskipun Anda datang dengan diantar pasangan, anak, teman, saudara atau siapapun juga, maka mereka wajib untuk menunggu di luar. Karena apapun yang terjadi di ruang terapi hanya boleh diketahui oleh terapis dan klien yang bersangkutan. Meskipun yang membayar terapi adalah pasangannya ataupun orang lain, tetap saja itu rahasia antara terapis dengan klien yang bersangkutan.
 
Karena terapis tidak berhak memberitahukan hasil temuan terapi klien kepada orang lain termasuk pasangan klien ataupun orang yang membayari terapi klien. Kecuali jika kliennya masih anak di bawah umur (masih dalam pengawasan orang tua), maka terapis wajib melaporkan hasil temuan terapi kepada orang tua klien. Namun sekali lagi saat proses terapi, meskipun klien masih di bawah umur atau masih kecil, orang tua atau siapapun yang mengantar wajib menunggu di luar. Karena terapinya 1 on 1.


19.Jika saya menerapi problem emosi saya misal pemarah, apakah setelah terapi saya kemudian berubah menjadi manusia aneh yang tak bisa marah sama sekali?

Tentu tidak. Sebagai manusia kita diciptakan lengkap dengan emosi termasuk emosi marah. Andaikata Anda diterapi untuk menyembuhkan problem Anda misal pemarah, Anda tetap bisa marah seperti manusia normal. Bedanya jika sebelum terapi, karena penyebab Anda marah telah menumpuk dan menggunung bertahun-tahun, membuat problem kecil saja sudah bisa membuat Anda marah besar bahkan hingga mengamuk. Apalagi problem yang besar? Namun setelah diterapi maka saat ada masalah yang seharusnya membuat Anda marah, maka Anda hanya akan marah sedikit atau seperlunya, itupun sebentar sudah reda karena hati Anda telah bersih. Ibarat mulai dari nol lagi. Wajar dan tidak berlebihan.

 
20.Apa bedanya dengan hipnoterapi yang lain yang ada di luaran?

Hipnoterapi ada 2 aliran, gelar keduanya SAMA-SAMA C.HT. (Certified Hypnotherapist)

Aliran pertama: Hipnoterapi yang hanya mengandalkan sugesti. Ibarat jika ada gelas berisi air kotor maka pemberian sugesti ibaratnya adalah menuangkan air bersih ke dalam gelas yang berisikan penuh air kotor. Apakah isi gelas bisa menjadi bersih? Bisa tapi lama. Artinya suggesti/ terapi nya harus diulang berpuluh-puluh kali. Itupun hasilnya tidak akan sebersih jika Anda menggunakan aliran kedua. Ciri khas terapi yang menggunakan aliran pertama:

-        Lulusan lembaga yang hanya memberikan kursus singkat 1-2 hari, itu sebabnya biasanya hanya mencantumkan gelar C.Ht (Certified Hypnotherapist),  jarang mencantumkan lulusan lembaga mana, dan pastinya tidak mencantumkan pernah belajar hipnoterapi 100jam dari lembaga tertentu

-        Durasi terapi yang jauh lebih singkat

-        Harga lebih murah

-        Perlu puluhan sesi dan belum tentu sembuh atau lama sekali baru bisa sembuh ataupun merasakan perubahan

-        Secara total untuk sembuh menghabiskan lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya

Aliran kedua: Hipnoterapi yang mencari akar masalah dan mencabutnya hingga ke akar-akarnya. Ibarat jika ada gelas berisikan air kotor maka air kotornya dibuang dahulu, kemudian gelasnya dicuci bersih, baru kemudian diisi air bersih. Sangat jarang Hipnoterapis yang bisa dan mau menggunakan cara ini karena meskipun tingkat kesembuhannya sangat tinggi namun karena selain terapinya sangat lama, menguras tenaga dan butuh tehnik advance. Persyaratan untuk bisa belajarnya pun berat dan biaya untuk belajarnya pun jauh lebih mahal.

Ciri khas terapi yang menggunakan metode ini:

-        Lulusan lembaga yang memberikan kursus min 100jam (Total 9-10 hari dengan lama kursus bertahap sekitar 3 bulan).
   
Di Indonesia hanya ada sedikit sekali lembaga yang memberikan kursus hipnoterapi min 100jam diantaranya Adi W. Gunawan Institute (AWGI) dan Nathalia Institute by Nathalia Sunaidi. Kebetulan saya lulusan 100 jam dari AWGI, plus 100 jam dari Nathalia Institute (based on Tom Silver).
   
Namun saat ini sepertinya hanya tinggal Adi W. Gunawan Institute yang memberikan pelatihan hipnoterapi 100 jam dikarenakan Nathalia Sunaidi sudah hampir 2 tahun ini berhenti memberikan seminar karena sibuk menjadi developer property.

Karena lulusan dari lembaga yang qualified makanya biasanya terapis tersebut akan mencantumkan lulusan dari lembaga mana lengkap dengan 100 jam lama belajarnya.

-        Durasi terapi yang tentunya jauh lebih lama. Bisa berjam-jam.

-        Harga pastinya lebih mahal dan hasil terapi yang pastinya jauh lebih efektif

-        Umumnya hanya perlu max 4 sesi untuk kasus-kasus yang umum. Bahkan biasanya klien-klien langsung sudah bisa merasakan perubahan hanya di dalam 1-2 sesi pertama.

-        Secara total untuk sembuh menghabiskan lebih sedikit waktu, tenaga, dan biaya

 
21.Apakah ada syarat untuk bisa menjadi klien dan mendapatkan kesembuhan ?

Ada. Syarat yang utama adalah datang dengan niat ataupun keinginan sendiri tanpa adanya paksaan dari siapapun juga. Karena sekali lagi Hipnoterapi adalah self healing, hanya bisa jika Anda niat dan mengijinkan. Tidak bisa jika Anda datang karena dipaksa oleh pihak lain.

 
22.Terapi nya berapa lama?

Setiap sesi hipnoterapi memiliki durasi maximum 2 jam/sesi konselling atau terapi.

 
23.Hipnoterapi butuh berapa sesi hingga sembuh?

Tergantung berat ringannya problem yang ingin disembuhkan. Pada kasus-kasus standard, umumnya klien-klien yang telah saya tangani mendapatkan kesembuhan dalam 2 hingga 4 sesi. Namun pada kasus-kasus berat seperti kecanduan (narkoba, miras, judi, sex, rokok, game, dan sejenisnya), ataupun kasus-kasus khusus seperti Autis, kanker, dan kasus-kasus berat lainnya bisa lebih dari 4 sesi tergantung berat ringannya kasus.

 
24.Problem apa saja yang bisa disembuhkan?

Intinya semua problem psikosomatik (yang disebabkan oleh pikiran), ataupun yang mengandung emosi (misal: sedih, marah, kecewa, sakit hati, dendam, takut, khawatir, cemas, luka dsj) bisa disembuhkan. Masalah di dalam keluarga, rumah tangga, anak, termasuk pasangan yang gemar selingkuh, problem sex, dll. Termasuk pula trauma, luka batin, phobia, kecanduan, dll. Untuk lebih jelasnya bisa klik disini.


25.Apakah ada garansi pasti sembuh?

Sama persis seperti Anda sakit, pergi ke dokter dan bertanya apakah ada garansi pasti sembuh? Pastilah semua dokter yang professional di dunia akan menjawab tidak. Tidak ada satupun pengobatan di dunia yang bisa memberikan jaminan kesembuhan kepada pasien ataupun kliennya. Karena manusia hanya bisa berusaha maximal, tapi keputusan akhir tetap ada di tangan Tuhan.

Hanya saja pengalaman kami menangani ribuan klien selama bertahun-tahun membuktikan kasus-kasus luka batin dan psikosomatik (problem yang disebabkan oleh pikiran) yang kami tangani, lebih dari 90% mendapatkan hasil yang memuaskan.

 
26.Oke saya tertarik, tapi saya masih bingung, Hipnoterapi itu prosesnya seperti apa?

1.   Interview / konselling

2.   Penjelasan mengenai apa itu hipnoterapi yang sesungguhnya

3.   Klien dibimbing untuk rilex dengan kondisi mata tertutup tapi tetap sadar. Posisi ini persis seperti saat Anda pulang kerja, lalu duduk selonjoran merilexkan badan. Istilahnya posisi PW (Posisi Wuenakk)

4.   Klien dibimbing untuk bisa menemukan akar masalahnya sendiri dan membereskannya sendiri dengan bimbingan terapis. Jadi persis seperti tanya jawab namun dalam kondisi rilex. Karena saat seorang klien memililki masalah maka sebenarnya yang paling tahu adalah klien itu sendiri, bukan saya, bukan pula orang lain. Itu sebabnya sebagai terapis saya hanya membimbing, sedangkan semua jawaban tentunya berasal dari klien yang bersangkutan. Otomatis klien harus tetap cukup sadar agar mampu menceritakan akar masalahnya dan menyembuhkannya dengan bimbingan terapis.

 
27.Jadwal prakteknya hari apa saja?

Setiap hari tergantung ketersediaan waktu tapi by appointment only, tidak bisa datang mendadak karena terapinya lama ber jam-jam. Itu sebabnya disarankan untuk appointment dari jauh-jauh hari.

 
28.Oke, saya tertarik. Berapa Profesional Fee nya? dan bagaimana caranya jika ingin mendaftar?

Untuk mengetahui Profesional Fee, untuk pendaftaran ataupun info lebih lanjut, silahkan langsung contact Imel Young disini



0 komentar:

Posting Komentar