Jumat, 01 Desember 2017

Anak Takut Matematika? Solusinya…

Anak Takut Matematika? Solusinya…


“Bu, anak saya takut matematika. Kalau ada mata pelajaran matematika, apalagi ada ulangan matematika, anak saya pokoknya tidak mau masuk sekolah. Apapun yang kami lakukan, tetap tidak bisa membuatnya mau masuk sekolah, dan kini prestasinya menurun drastis. Padahal kalau tidak ada pelajaran matematika, anak saya dengan senang hati mau masuk sekolah.” Kurang lebih itulah curhatan hati seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya saat datang ke ruang terapi saya.

Agnes (bukan nama sebenarnya), merupakan seorang anak bungsu yang sangat disayang oleh kedua orang tua dan juga kakak-kakaknya. Agnes kini berusia 12 tahun. Ia baru saja memasuki sekolah SMP. Namun keanehan terjadi selama beberapa bulan ini. Agnes kini menghindari mata pelajaran matematika lebih dari biasanya.

Sebenarnya bukan rahasia lagi jika matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang paling banyak dibenci dan ditakuti oleh anak-anak semasa sekolah. Namun jika sampai memilih untuk tidak masuk sekolah karna ada pelajaran matematika, pastilah ada alasan yang kuat dibalik hal ini.

Agnes termasuk anak yang pintar, rajin dan suka masuk sekolah. Hanya saja sudah beberapa bulan ini, Agnes terkesan menghindari matematika dan semakin lama semakin parah. Bayangkan saja, jika dalam satu minggu ada 4x mata pelajaran matematika, maka selama 4 hari itu Agnes memilih untuk tidak masuk sekolah sama sekali. Hal itu tentu saja membuat Agnes yang selama ini dikenal berprestasi di sekolah menjadi anjlok prestasinya.

Bagaimana tidak pusing kepala orang tua Agnes dibuatnya. Apalagi karna anak kesayangan, orang tua Agnes juga tidak sampai hati untuk memarahinya. “Kami memang selama ini mendidiknya dengan lembut dan kasih sayang. Jadi selama ini bisa dibilang sekalipun kami tidak pernah memarahi Agnes” ujar kedua orang tua Agnes.

“Jadi saat terjadi masalah seperti ini, kami hanya bisa membujuk rayu Agnes agar mau masuk sekolah dan tidak berhasil. Semua orang rumah baik mama, papa, dan kakak-kakak Agnes pun telah berusaha membujuk Agnes namun tidak berhasil” lanjut kedua orang tua Agnes.

“Mungkin karena dulu saat ia SD, guru matematikanya galak” ujar salah satu kakak Agnes yang ikut datang menemani Agnes. Saat ditanya, Agnes pun mengaku “Aku sebenarnya suka masuk sekolah. Tapi kalau ada mata pelajaran matematika, aku takut…! Sebenarnya aku mau masuk sekolah… tapi tidak bisa!” ujar Agnes lirih sambil menunduk sampai hampir-hampir tidak terdengar.

Solusi Anak Takut Matematika Hipnoterapi
Hipnoterapi Solusi Anak Takut Matematika
Setelah mengumpulkan cukup informasi, saya pun menjelaskan apa itu hipnoterapi yang sebenarnya. Agnes pun dengan senang hati bersedia untuk diterapi karena sebenarnya ia pun rindu bisa masuk sekolah setiap hari dan berkumpul bersama dengan teman-temannya. Hal ini tentu saja penting mengingat syarat utama seseorang bisa diterapi adalah adanya kemauan atau niat dari dalam diri orang yang bersangkutan.

Singkat cerita, Agnes pun berhasil dibimbing masuk ke dalam kondisi rilexasi pikiran yang dalam dan menyenangkan. Di dalam proses terapi diketemukan akar penyebab masalah yang selama ini menyebabkan Agnes menjadi takut matematika. Ternyata saat Agnes kelas 6SD, saat lagi belajar matematika, tiba-tiba saja guru matematikanya membentak teman sebelah Agnes.

Sebagai anak yang selalu dibesarkan dengan penuh cinta dan kasih sayang, sekalipun dalam hidupnya Agnes tak pernah dimarahi, apalagi dibentak. Kontan saja kejadian itu membuat Agnes kaget, takut dan trauma hingga gemetar. Padahal sebenarnya yang dibentak oleh guru matematikanya bukan Agnes melainkan teman sebelahnya. Namun ternyata kejadian tersebut dimaknai berbeda oleh pikiran bawah sadar Agnes.

Solusi Anak Takut Matematika Hipnoterapi
Hipnoterapi Solusi Anak Takut Matematika
Jadi salah satu fungsi utama pikiran bawah sadar adalah untuk melindungi kita dari hal-hal yang dianggap berbahaya oleh pikiran bawah sadar. Sejak saat itu pula, guna melindungi Agnes, pikiran bawah sadarnya otomatis menghindari Agnes dari mata pelajaran matematika karna dimaknai sebagai hal yang berbahaya oleh pikiran bawah sadar Agnes.

Saya pun melakukan tehnik rekonstruksi pikiran dimana Agnes dibimbing untuk bisa mencabut akar masalahnya, melakukan forgiveness dan mengambil hikmah serta pembelajaran dari kejadian itu.

Singkat cerita, setelah selesai terapi, Agnes langsung bersedia untuk kembali masuk sekolah dengan ceria dan semangat seperti biasanya. Senyum bahagiapun kembali mewarnai hidup Agnes dan seluruh keluarganya yang sangat menyayangi Agnes.


Solusi Anak Takut Matematika Hipnoterapi
Hipnoterapi Solusi Anak Takut Matematika

Notes:
Sebulan setelah di hipnoterapi keluarganya mengabarkan secara lisan, Agnes kini tidak hanya kembali semangat dan rajin masuk sekolah namun ia juga punya inisiatif untuk belajar matematika. Jadi saat ada soal-soal yang dianggapnya sulit, Agnes punya inisiatif untuk belajar lebih keras dan bertanya sampai ia mengerti. Agnes pun kini sangat bersemangat mengerjakan soal-soal matematika baik PR ataupun ulangan. Sekarang Agnes bisa kembali belajar matematika dengan semangat dan hati yang gembira, prestasinya pun kembali bersinar di sekolah.

Jadi... saat anak takut matematika, solusinya yaa hipnoterapi…!!

#sayaterapisyangbahagia
#imelyoung

#SayaAWGI























0 komentar:

Posting Komentar